Yuk Mengenal Coldbrew Terkanopi dan Citarasanya

Agustus 3, 2019

Coldbrew atau Cold Brew merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk “menyeduh” kopi hitam menggunakan air dingin kurang lebih selama 12 hingga 24 jam untuk mendapatkan rasa yang optimal tentunya. Kaesang pangarep yang baru-baru ini menciptakan kopi dengan nama Terkanopi juga menggunakan teknik coldbrew terkanopi.

Tidak heran jika teknik yang satu ini sangat digemari para pecinta kopi, karena memang untuk mendapatkan citarasa yang nikmat butuh perjuangan. Anda bisa menyeduh bubuk kopi dengan cara merendamnya dalam gelas, kemudian di diamkan, dan disaring.

TernaKopi dan Citarasanya

TernaKopi dan Citarasanya dari Kaesang Pangarep

Anda juga bisa menggunakan alat penyeduh kopi seperti french press atau cold drip yang biasanya digunakan di kedai kopi modern. Dan ternyata konsentrat coldbrew ini bisa tetap segar hingga 2 minggu lamanya jika disimpan dalam lemari es.

Karena saat ini sedang trend coldbrew terkanopi dari kaesang, yuk kita cari tahu dulu Apa sih bedanya coldbrew terkanopi dengan es kopi?

1. Waktu Pembuatan
Hal pertama yang membedakan coldbrew terkanopi dengan es kopi adalah waktu penyeduhan nya yang berbeda. Es kopi hanya membutuhkan waktu sebentar saja dan lebih cepat dari penyeduhan cold brew.

Es kopi diracik menggunakan bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air panas, kemudian ditambahkan dengan es batu agar dingin. Sedangkan konsentrat cold brew diperoleh dengan merendam bubuk kopi hitam menggunakan air dingin maupun air dengan suhu ruangan.

2. Teknik Berbeda
Ada banyak teknik dalam pembuatan kopi, tentunya Espresso panas yang digunakan sebagai dasar es kopi harus diproses dengan lebih kuat sehingga rasa serta aroma nya tidak mudah pudar meskipun sudah diencerkan dengan es tentunya.

Nah, metode seduhan air panas ini akan membuat kopi hitam panas maupun dingin memiliki rasa serta aroma pahit kuat kopi pada umumnya. Sedangkan waktu pengerjaan coldbrew terkanopi sendiri sekitar 18-24 jam lamanya.

Prosesnya lebih mirip dengan infused water yang bisa menghasilkan rasa serta aromanya secara halus tentunya. Inilah yang akhirnya membuat coldbrew terkanopi menjadi lebih manis dari pada kopi pada biasanya.

3. Anti Tawar
Anda juga bisa menghidangkan coldbrew terkanopi secara dingin menggunakan es batu tanpa harus takut rasanya menjadi keenceran atau tawar. Karena metode pembuatan kopi dengan teknik coldbrew ini memang dianggap sebagai teknik meracik kopi dingin paling mantap.

Sedangkan kopi yang dibuat dengan teknik biasa akan cenderung terasa hambar jika terlalu banyak es batu yang dimasukkan. Terutama jika es batu tersebut nantinya mencair, jadi tidak heran jika rasanya akan berbeda.

4. Rasa
Rasa coldbrew terkanopi juga tidak terlalu asam seperti kopi tubruk tradisional yang biasanya ada. Kopi yang diseduh biasanya menggunakan air dingin dengan kadar pH 6,31 berlawanan dengan versi panas nya yang mengandung pH 5,48, karena semakin rendah angka nya, maka semakin asam zat tersebut.

Artinya coldbrew terkanopi bisa menjadi pilihan yang aman bagi anda untuk hasrat kopi bagi orang yang punya masalah tentang pencernaan. Karena kopi biasanya kurang sehat bagi penderita penyakit maag ataupun asam lambung.

5. Coldbrew Terkanopi
Terkanopi sendiri merupakan merk dari kopi milik Kaesang Pangarep yang merupakan putra presiden Joko Widodo. Bahkan Kaesang butuh waktu 1 tahun untuk membuat resep coldbrew terkanopi ini dengan bantuan Sang ayah sebagai pencicip rasa.

Bagaimana, apakah anda tertarik membeli coldbrew terkanopi? Atau kopi lain dengan teknik coldbrew? Yuk langsung saja nikmati secangkri kopi untuk mengawali harimu, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+