5 Tips Memulai Bisnis E-Commerce Terbaru

Juli 31, 2019

Di zaman serba canggih dan modern seperti sekarang ini, internet menjadi hal paling umum sekaligus paling banyak digunakan oleh anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

“Bagi para pebisnis startup, kesempatan emas ini tidak mereka sia-siakan. Mereka berbondong-bondong memulai dan mengembangkan bisnis e-commerce dengan pertimbangan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya.”

Mungkin kamu juga salah satu orang yang tertarik untuk memulai bisnis e-commerce tetapi takut gagal karena tidak tahu caranya. Jika demikian, kamu berada pada situs yang tepat karena artikel ini akan mengupas tuntas tips anti gagal memulai bisnis e-commerce.

1. Buat Perencanaan yang Matang
Dalam hal memulai bisnis apapun, semuanya perlu sebuah perencanaan yang matang. Jika kamu ingin memulai sebuah bisnis e-commerce, maka kenali lebih dekat dulu apa itu e-commerce, apa saja bentuk-bentuknya, bagaimana resikonya jika gagal, apa sajakah manfaat dan keuntungannya.

Karena kamu hanya punya satu kesempatan untuk launching produk di situs web, maka jangan terburu-buru meluncurkan produk pada situs web kamu. Jangan sampai ketergesa-gesaan kamu mengacaukan bisnis awal yang baru akan kamu rintis.

2. Pelajari Teknik SEO
Kamu perlu tahu, bahwa tidak hanya kamu yang ingin mendirikan sebuah bisnis e-commerce. Banyak sekali kompetitor di luar sana yang juga tergiur untuk memulai bisnis ini dengan didukung jasa pembuatan website handal dan seorang ahli SEO. Oleh karena itu, wajib hukumnya buat kamu mempelajari teknik SEO untuk bersaing dengan mereka.

Jangan sampai ketika seseorang mencari produk yang diinginkannya melalui search engine, kamu tidak berada di halaman utamanya. Semakin baik posisi situs web pada halaman utama search engine, semakin banyak kesempatan untuknya mendapatkan pelanggan.

Bagaimana jika kamu tidak memiliki waktu luang untuk mempelajarinya? Kamu tidak perlu panik. Kamu hanya perlu mengeluarkan budget untuk mencari jasa SEO profesional yang bisa kamu temukan di beberapa website freelancer.

3. Go Mobile
Meskipun sebuah laptop sekarang memiliki ukuran yang tipis, ringan, dan fleksibel untuk dibawa kemana saja, kamu tetap harus mempertimbangkan peran ponsel. Ada kalanya seseorang tidak bisa membawa laptopnya.

Nah, untuk mengantisipasinya, kamu harus mempertimbangkan tampilan website kamu secara mobile sehingga bisa dengan mudah diakses melalui ponsel (mobile friendly).

4. Tentukan Produk yang Akan Dijual
Menentukan produk apa yang akan kamu jual seringkali merupakan bagian yang paling menantang untuk memulai sebuah bisnis online.

Beberapa alternatif bisa kamu tempuh seperti mempertimbangkan strategi apa saja yang akan kamu gunakan untuk menemukan peluang produk, menjelajahi beberapa tempat untuk mencari ide sebuah produk, hingga pada akhirnya kamu akan menemukan sebuah tren produk yang layak kamu pertimbangkan.

5. Buat Brand Seunik Mungkin dan Ciptakan Logo
Setelah menemukan produk apa yang akan kamu jual, kamu perlu membuat sebuah brand yang unik. Gunakan brand kamu sebagai nama domain kemudian segera daftarkan. Selanjutnya, buatlah sebuah logo sekreatif mungkin sehingga tidak mudah ditiru oleh kompetitor.

Jika kamu serius mempelajari kelima tips di atas, selamat buat kamu! Berarti kamu siap memulai bisnis toko online kamu yang berbasis website maupun mobile aplikasi penjualan agar dapat bersaing dengan kompetitor yang lain meskipun ini adalah hal yang pertama buat kamu tetapi dengan percaya diri dan antisipasi untuk resiko kegagalan di masa depan. Pastinya akan berhasil maka kalau bukan sekarang memulainya, kapan lagi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+